Wednesday, July 25, 2007

Belajar Membaca pd Anak

Assalamu’alaikum Wr Wb



Ibu-ibu Imuslimah yang disayangi Allah,Tips kesehatan minggu ini bukan merupakan tips kesehatan, karena saya ingin berbagi cerita mengenai “Belajar membaca pada Anak” Belajar membaca, merupakan suatu proses yang berkesinambungan. Sejak berusia 6 bulan si kecil sudahbisa kita ajak untuk cinta buku dan cinta baca. Sejak lahir hingga usia 1 tahun.



1.Sering-seringlah bermain dengan si bayi, ajak sibayi bicara, bernyayi, dan perbanyak permainan dengan jari. Saat berbicara dan bernyanyi bersamanya lakukan selalu kontak mata dengannya.

2.Berikan si kecil buku yang aman untuk usianya(lunak, sehingga aman untuk digigit)

3.Tunjuk dan sebutkan nama-nama benda yang ada di buku tersebut, walaupun mungkin saat itu dia belum memahaminya.

4.Bacakan si kecil sebuah cerita dengan berbagai macam suara (sesuai karakter yang ada di buku tersebut),walaupun sikecil belum memahami cerita yang kitabacakan, namun dia akan senang dengan dengan ritmesuara kita, saat kita membacakan cerita tersebut.

Usia 1 tahun hingga 3 tahun.
1.Bacakan si kecil cerita setiap hari,dan biarkan sikecil yang menentukan cerita yang diinginkannya(biarkan saja seandainya cerita yang diinginkan setiap hari selalu sama)
2.Dorong si kecil untuk membacakan cerita atau yangbercerita untuk kita
3.Jadikan kunjungan ke perpustakaan sebagai kegiatanrutin untuk si kecil.
4.Jangan lupa untuk selalu berbagi cerita tentang kegiatan kita saat tidak bersamanya dengan si kecil.

Usia 3 hingga 5 tahun.
1.Sejak usia 3 tahun, sebaiknya si kecil mulai kitakenalkan huruf, misal dengan mengajaknya untukbernyanyi A B C. Baca bersama buku alphabet dengan sikecil, dan tunjuk nama-nama huruf tersebut satu demisatu.
2.Sejak usia 4 tahun dorong si kecil mulai merangkaiatau membaca rangkaian huruf huruf tersebut dalam sebuah kata, biasakan anak untuk mengenal huruf atau membaca tulisan yang dia jumpai saat berjalan-jalan,misal logo restaurant, nama toko, judul majalah, judul surat kabar dsb.
3.Acara televisi, video, dan sejumlah program komputer dapat kita gunakan sebagai alat bantu bagi si kecil saat belajar membaca, dampingilah si kecil saat melakukannya. Namun untuk usia ini sebaiknya kegiatan tersebut tidak dilakukan lebih dari 3 jam sehari.
4.Jadikan membaca bersama merupakan kegiatan rutin sebelum tidur.
5.Biasakan untuk menulis surat buat si kecil dengan kata-kata yang mudah untuknya dan dengan kertas yang menarik, si kecil pasti akan suka membacanya.
6.Dan dorong si kecil untuk membalas surat kita dan menulis surat buat teman-temannya.

Semoga bermanfaat,
Salam sayang untuk si kecil,

Wassalamu’alaikum Wr Wb,
Ovie Wijayanto

No comments:

Post a Comment