Saturday, March 19, 2011

Doa Majelis

DOA MAJELIS (pembuka, urutan, dan penutup)

1. Doa pembuka
Bismillahirohmanirohim, Assalamualaikum Wr, Wb,















Artinya:
“Segala puji milik Allah. Kami memohon pertolonganNya, dan mohon ampun kepada Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diriku dan keburukan amalku. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menunjukinya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku mengesakanNya dan tidak mempersekutukanNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan rosulNya, tidak ada nabi setelah Dia. Ya Allah, berikan sholawat, salam dan kebaikan atas nabi Muhammad, keluarganya dan sahabatnya.”


2. Urutan majelis (contoh …)
Tidak ada suatu kejadian tanpa ijin Allah, karenanya marilah bersama-sama kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, atas nikmat iman dan islam serta atas perkenannya hingga alhamdulillah pada hari ini kita semua dapat berkumpul bersama di majlis ini.

Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian, Insya Allah pada hari ini, Ustadz … akan hadir dan menyampaikan tausyiah dalam acara pengajian rutin Majelis Ta’lim …. hari ini. Majelis ini akan dibagi dua, sesion pertama dengan tadarus dan tajwid Al’Quran, sesion kedua tausyiah dan diskusi bersama Ustadz.

Karenanya susunan acara Majlis ta’lim hari ini adalah :
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci al-qur’an oleh : ...
Dengan pembacaan saritilawah oleh : ...
3. Tadarus + Tajwid Al Quran
4. Tausyiah dan diskusi bersama Ustadz ...
5. Penutup (Do’a Penutup)

Demikian susunan acara maj’lis ta’lim hari ini, sebelum acara kita mulai marilah bersama-sama kita membaca basmallah, Bismillahirohmanirohim.

Selanjutnya kepada ... dan ... dipersilakan untuk memulai pembacaan surah ... ayat ...

Alhamdulillahirobil ‘alamin, semoga kumandang ayat suci Al’quran tadi dapat menjadi pahala bagi yang membacakan juga yang mendengarkan, serta dapat menjadi penentram hati dan menjadi cahaya bagi kita semua di alam kubur kelak, amin.

Selanjutnya kepada ... dipersilakan untuk memulai tadarus Al’quran, untuk hari ini dimulai dari surat ...

Bapak/Ibu/Saudara/i rohimakumullah, Alhamdulillah Ustadz ... telah hadir bersama kita, Alhamdulillah juga sesi pertama acara majelis hari ini telah kita laksanakan bersama, selanjutnya kepada Ustadz ... kami persilakan untuk menyampaikan materinya, dan kepada yang ingin bertanya dapat langsung berinteraksi kepada Ustadz serta bisa memanfaatkan moment hari ini sebagai sarana menambah wawasan dan memperkaya batin kita amin

Alhamdulillah, seluruh acara Majelis Ta’lim … hari ini telah selesai dilaksanakan, mudah-mudahan majelis hari ini menjadi jalan bagi kita untuk menjadi orang-orang yang ikhlas, sabar dan tawadhu serta menjadi jalan bagi kita untuk menjadi ahli surga, agar acara hari ini mendapat ridlo dari Allah SWT, kepada … dipersilakan untuk memimpin do’a penutup.

3. Doa penutup

Bapak/Ibu/Saudara/I peserta Majelis Ta’lim rahimakumullah, marilah bersama-sama kita membaca hamdalah, Alhamdulillahirobil alamin, serta membaca doa akhir majelis :



Dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu ’anhu ia berkata: “Jika Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam hendak bangun dari suatu majelis beliau membaca: Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika “Maha Suci Engkau ya Allah dan segala puji bagiMu, aku bersaksi bahwa tiada ilah selain Engkau aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu”. Seorang sahabat berkata: “Ya Rasulullah, engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa engkau baca?” Beliau menjawab: “Itu sebagai penebus dosa yang terjadi dalam sebuah majelis.” (HR Abu Dawud 4217)


Lahaula walakuwata ila bilalahil aliyil adzim, wabilahi taufik wal hidayah.

Wassalamu alaikum wr wb.

by: Dodik Kurniawan

No comments:

Post a Comment