Friday, March 06, 2009

Kesalahan-Kesalahan yang tersembunyi

Mengakui kesalahan memang tidak mudah. karena garis kemanusiaan yg tak luput dari kesalahan. Maka sejatinya menjadi salah tak benar-benar salah, pada tabiat dasarnya. Tapi ia menjadi fatal bila berubah menjadi kesukaan, atau kesengajaan yang berulang.

Mengakui kesalahan memang tidak gampang. terlebih bila kesalahan itu tersembunyi perlu adanya keberanian,kelapangan, kearifan, kelapangan jiwa dan kesungguhan tiada batas.
Ada banyak sebab mengenali bentuk kesalahan tersembunyi dengan keyakinan bahwa kesalahan yang terang-terangansudah sangat mudah disadari, kecuali oleh orang-orang yang hatinya terkunci

1. Tersembunyi dalam arti karena kebodohan kita Kadang, kesalahan menjadi tak namapak, lebih karena ketidakmengertian kita. lebih tepatnya karena kebodohan kita. tapi itu bukan pembenaran atas kesalahan itu sendiri. batas kebodohan itu sendiri relatif tetapi kesalahan-kesalahan yang mengapung diatas hamparan hidup ini hampir dipastikan kita mengerti itu salah.

Mencuri itu dosa, merampas hak orang lain, menipu, menghianati amanah orang banyak, memeperturutkan hawa nafsu kepada lelaki atau perempuan yg tidak sah, menyakiti orang tua mendzolimi istri, tidak amanah menjalankan pekerjaan. semua itu adalah kesalahan adakah itu semua memerlukan tafsiran baru yg rumit?

Tetapi seringkali kita sengaja melipatgandakan kebodohan kita sendiri, seakan kita tidak mengerti, bahwa melakukan perbuatan-perbuatan seperti atau sejenis itu seakan bukan kesalahan. rasulullah menjelaskan bahwa dosa dan kesalahan, adalah apa yg kita sembunyikan didalam hati dan kita takut kalau orang lain tahu.

2. Tersembunyi dalam Arti dimalam Hari Ada bayak orang yang melakukan dimalam hari. sesuatu yang tidak diketahui disiang hari. bahkan mungkin oleh orang terekat kita . malam hari tabiatnya yg sunyi dan menutupi, Ada kejahatan malam yg harus dimintakan perlindungan diantara penggalan doa rasulullah " ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan malam ini"

3. Tersembunyi dalam Arti tak Diketahui Orang Lain sebuah kesalahan dikatakan tersembunyi apabila orang lain tidak mengetahui atau tidak melihatnya, mungkin juga orang lain tidak mengerti bahwa itu memang benar2 bersalah. dalam hidup ini begitu banyak oran yang begitu merasa nyaman hidup diatas prasangka baik orang lain, tapi ketidaktahuan.Berlakunya salah itu sendiri, memang bukan sesuatu yang selamanya harus dikenali orang lain. Bila kita sadar, itu sudah menjadi modal yg cukup berubah menjadi baik.

Karena itulah, Ali bin abi thalib menasehati, betapa penting menjadi penasehat diri sendiri. itu maknanya menjadi baik tidak perlu sampai menunggu setelah orang lain tahu kesalahan-kesalahan kita. "Wahai hamba-hamba allah, timbanglah diri anda sendiri sebelum anda ditimbang dan perhitingkanlah diri anda sebelum anda diperhitungkan. bernafaslah sebelum lemasnya tenggorokan. Taatlah anda sebelum anda digiring dengan kasar. ketahuilah bahwa apabila orang tidak menolong dirinya dalam bertindak sebagai penasehat dan pemberi peringatan bagi dirinya sendiri, maka tiada orang lain yang dapat dengan efektif menjadi penasehat dan pemberi peringatan baginya.

4. Tersembunyi dalam Arti Laten artinya, kesalahan itu laten. liat, dan menjadi penyakit didalam diri. kesalahan laten banyak bentuknya. hasad yg menyatu dengan daging. atau dengki yang melekat dengan segala kehendak. penyakit nifaq juga bisa menjadi laten. penyakit hati dan dosa-dosa laten, merupakan tunggangan yang sangat disukai oleh syetan . lebih karena tabiatnya, bila ia tersimulasi, penyakit itu bisa tiba2 muncul dan menyala lagi . bahkan penyakit yg laten bisa saja hadir kembali meski bertahun lamanya ia telah pergi dari kita5. Tersembunyi dalam Arti Efeknya Tidak Seketika

Perputaran sejarah dan siklus kehidupan memberi kita banyak pelajaran. tentang kesalahan2 orang terdahulu yang berkesudahan menyedihkan, meski setelah bertahun atau beratus tahun kemudian. itulah mengapa, Allah dalam banyak kesempatan, menyadarkan kita, tentang pentingnya mengambil pelajaran dari orang-orang yang dihinakan, setelah sebelumnya ditinggikan. orang-orang yang ditenggelamkan setelah dahulunya dimuliakan yg menjadi penyebabnya adalah dosa dan kesalahan. R

asulullah menasehati agar kita berhati-hati dengan kesalahan-kesalahan atau dosa-dosa yang tak dianggap tapi ia begitu sering dilakukan, menumpuk sedikit demi sedikit, hingga akhirnya menjadi segunung dosa yg mengerikan. kebaikan yg tersembunyi bisa menjadi pupuk bagi kebersihan hati. sedang kesalahanyang tersembunyi, bila kita sadari, bisa menjadi pintu pendekat diri kepada Allah dalam munajat yang dekat dan tersendiri. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui diri kita yang nampakdan yang tersembunyi.

sumber : Majalah tarbawi

WassalamA/n Dept Dakwah Imsis

No comments:

Post a Comment