Thursday, July 21, 2005

Safety Tips untuk Muslimah

Assalaamu'alaikum wr wb

Beberapa hari yang lalu, seorang akhwat, yang saat itu sedang grocery shopping, diserang "verbally" oleh sepasang suami istri yang merasa kenyamanannya terganggu melihat sesosok muslimah dengan baju yang panjang pun lebar dan mukanya tertutup, hanya sepasang mata saja yang tampak. Cerita selanjutnya tidak perlu dipaparkan di sini. Intinya, insiden seperti ini tentunya bukan yang pertama terjadi dan saya yakin (semoga tidak menimbulkan keresahan) diantara kita ada yang pernah mengalami kejadian serupa, walaupun tidak seberat' itu. Apalagi dengan kejadian yang baru terjadi di kotanya ibu Ratu, sebagai muslimah kita perlu awas dan waspada terhadap lingkungan sekitar. Berikut beberapa safety tips yang mudah-mudahan berguna. Semoga Allah STW melindungi muslim dan muslimah di bumi ciptaanNya ini.

Safety tips untuk muslimah:
1. Waspada atas sekeliling kitaKita perlu waspada kapan saja, dimana saja, baik saat sendiri maupun bersama berkelompok. Pasang mata telinga, awasi gerak-gerik yang mencurigakan. Tetap awas walaupun lingkungan dimana kita berada tampaknya selalu aman.
2. Jalan bersama lebih baik daripada jalan sendiriKonsep berjamaah di sini amat ditekankan. The more the merrier and safer.
3. Cari jalan yang lainKalau sudah terbiasa menggunakan satu bus route/highway misalnya, coba route yang lain. Bisa jadi ada individu yang sudah menengarai kebiasaan kita dan naudzubillahimindzalik, berniat buruk. Meski demikian, tetap hindari daerah yang gelap, jalur atau jalan kecil yang dirasa tidak aman.
4. Tampil percaya diriIngat pesan Ibunda: jalan tegap, kepala diangkat. Jangan tampakkan kelemahan karena hal ini dapat mengundang perhatian orang yang berniat buruk.
5. Dalam public transportation, pilih tempatCari aisle seat, bukan yang dekat jendela. Kalau bus atau kereta sudah sepi penumpang, cari tempat duduk terdekat dengan sopir atau cari tempat duduk yang paling ramai.
6. Saat berkendara sendiriSelalu tutup jendela dan kunci pintu mobil, baik saat kita di dalam mobil maupun saat mobil di parkir. Siapkan kunci saat berjalan ke arah mobil, agar dapat segera masuk ke dalam mobil, tanpa harus mencari-cari dulu dimana kunci. Jangan lupa amati mobil, terutama bagian belakang mobil, untuk menghindari intruder.
7. Kunci pintu mobilWalaupun hanya akan meninggalkan mobil semenit saja.
8. Berhati-hati di area parkirSelalu waspada di tempat parkir, terutama bila hari sudah gelap. Kalau perlu, minta seseorang yang bisa dipercaya (security staff atau polisi) untuk mengantar hingga ke mobil. Cari tempat parkir di dekat pintu masuk gedung atau parkir di parking garage yang entrance-nya dijaga.
9. Kalau naik taksiPerhatikan ID pengemudi, cocokkan dengan wajah pengemudi. Lebih baik memanggil taksi lewat telephone daripada asal menyetop taksi di jalan.
10. Di tempat umum, jangan gunakan walkman, iPod dan sejenisnyaKalau telinga tertutup earpiece, bagaimana bisa mengawasi sekeliling secara maksimal?
11. Rencanakan "tempat aman" di sepanjang jalan yang dilaluiCadangkan toko atau rumah kawan atau kerabat yang kita kenal sebagai tempat berlindung apabila ada gerak-gerik yang mencurigakan selama di jalan.
12. Menggunakan telephone umumBelakangi telephone setelah menekan tombol nomor yang dituju sehingga bisa mengamati lingkungan sekeliling. Pintu phone booth bisa digunakan sebagai pelindung.
13. Periksa dahulu sebelum membuka pintuTengok dari belakang jendela, cek lewat peephole, ataupun bertanya dan memastikan siapa yang ada dibalik pintu.
14. Apabila ada aktifitas mencurigakan di sekitar rumahLapor polisi.
15. Bawa cell phoneKemanapun pergi. Simpan nomor penting yang dapat dihubungi saat emergency. Bila perlu, di malam hari, simpan cell phone di sisi tempat tidur.
16. Trust your instinctsApabila dirasa yang yang mencurigakan, jalan cepat ke arah keramaian atau ke tempat yang lebih terang atau cari jalan yang berbeda dengan biasanya. Kalau ada yang mengikuti, segera laporkan polisi atau security staff.
17. Undang perhatian dari orang di sekelilingApabila sedang berada dalam bahaya. Katakan apa yang sedang terjadi dengan suara lantang atau bunyikan klakson mobil.
18. Jangan beritahu penelepon kalau sedang sendiri di rumahNyalakan radio untuk memberi kesan bahwa kita tidak sedang sendiri.
19. Jangan melayani pembicaraan kasarApabila ada penelepon yang berbicara tidak senonoh atau tidak bersuara sedikit pun, tutup telephone pelan-pelan. Catat waktu (hari dan tanggal) penelepon tersebut. Kalau kejadiannya berturut-turut, laporkan polisi.
20. Selalu berada di keramaianJangan menyendiri.
21. Di gedung tinggi, gunakan elevatorNamun bila ada orang yang mencurigakan ada di dalam elevator juga, segera keluar. Tunggu elevator berikutnya.
22. Saat di rumahJauhi duduk atau tidur di dekat jendela atau pintu kaca
23. Apabila ada yang mengajak debat kusirKatakan "Peace", lalu pergi.
24. Apabila ada orang memberikan komentar yang menyakitkanTetap tenang dan sabar. Jangan dihiraukan dan segeralah menjauh.

Sumber:http://www.crescentlife.com/heal%20the%20world/safety_tips_for_muslim_women.htmdan beberapa sumber lain.

Wassalam
Tim Info Dok Imsis

No comments:

Post a Comment