Masa Kecilku-di balik Perjuangan Seorang ibu "Titi Marsutji Binti Iskak" (Part 2)


Masa Kecil ku

Teringat waktu kecil kusering bermain di kaki ibu, (dikolong meja jahitan). Membuat boneka dengan kain-kain gombalan ibu. Bermain rumah-rumahan mobil-mobilan di kolong mesin jahit. Seingat aku, aku tidak punya banyak mainan saat itu. 

Jarak umur yang cukup jauh dengan kakak-kakak aku, 10 tahun, 12 tahun dan 13 tahun, membuat aku lebih sering bermain sendiri. Tidak ada I-pad, I-phone, yang ada  I-main sendiri aja di luar. Masih ingat waktu kecil setiap kali hujan, aku tanya ke ibu...."Buuuu boleh main hujan gaaak??" Sambil menjahit ibu tanya " Hujannya gede apa gerimis?...kalo gede boleh. Karena menurut ibu, kalo hujannya cuma rintik-rintik bisa bikin masuk angin, kalo hujannya gede, gak. Padahal kalo gede yang ada bukan masuk angin tapi kesamber petir yaak... Tapi begitulah dengan kegembiraanku, loncat-loncat main hujan pakai kaos singlet....sambil nyanyi...uyuuk...uyuuuk hujan gede anak kambing mau mandiiii...mbeeeek....

Belum lagi hobi aku yang suka sekali main di kolam ikan di rumah. Kolam ikan serasa kolam renang, setiap pulang sekolah waktu kecil, main sama ikan, kecebong. Belum lagi ngumpulin ulet keket yang hijau imut ginuk-ginuk. Seingat aku ibu gak pernah larang aku bermain di luar...apapun....Aku bebas main apa aja. Bermain pasir....kata kakakku Dyan mainnya jorok-jorok deh....sampai-sampai aku suka di ledekin sama kakak aku, "Kamu namanya siapa?" tanya kakakku ke aku waktu aku kecil. Terus kakakku memandu aku jawab...."Dyan..Ku....Ku...kudisan". Ih jahat ya kakakku bukan Dyan Kusdarso tapi Dyan Kudisan. Tapi kok aku happy2 aja ya hahaha....

Memang jarang sekali ibu bermain sama aku, karena ibu sibuk dengan jahitannya yang harus di selesaikan. Tidak jarang aku terlihat ibu tertidur di meja jahitan, karena kelelahan, sampai membungkuk.

Jadi anak yang paling kecil, lebih sering aku disuruh-suruh ibu. 
Dyaaan....ini baju dibungkusin koran terus dianter ke ibu ini!  
Dyaan....ayo temenin ibu ke Blok H nganter jahitan.
Kemanapun Ibu pergi aku harus ikut. Namanya anak2...kesel juga, lagi main harus anter2 jahitan.
Sambil cemberut, bibir lancip, kulakukan juga apa yang disuruh ibu. Kalo sudah gitu ibu cuma..."Hmmmmm...hmmmm....ngambek kalo disuruh ibu!"
Hikksss maafin aku ibu, kalo aku dulu sering ngambek ngelawan kalo di suruh-suruh. Sekarang aku ngalamin sendiri setelah punya anak yang kadang suka ngeyel ngambek kalo aku suruh-suruh....hiiiksss 😭.

Sesekali liburan sekolah ibu mengajak aku ke Jogja, nyekar bapak, naik kereta api ekonomi. Dulu tidak ada kelas eksekutif, setahu aku adanya gerbong ekonomi. Keretanya panas dan banyak sekali orang jualan makanan disetiap pemberhentian. Turun dari kereta api, kita naik becak ke rumah Bupoh (panggilan eyang dari bapakku di Jogja). Masih terasa sejuknya kota Jogja, angin semilir, pemandangannya masih indah, tidak terlalu ramai seperti Jakarta. Suasana rumah bupoh, akupun masih ingat. Setiap pagi burung2 ramai bernyanyi cuit...cuit dibalik jendela kamar. Sarapan di meja besar terbuat dari kayu jati. Toples2 besar isi beraneka rasa abon jejer jejer dimeja. Rumah besar tapi terasa sunyi, tidak banyak penghuni, hanya bupoh dan pembantu. Saat ini rumah Bupoh sudah jadi Bank Danamon, di depan pasar Kranggan, Jl. Diponegoro 110. Setiap lewat depan rumah bupoh, sudah hilang tidak ada lagi bekas rumah antik masa kecilku. Bupoh pernah bilang ke aku, "kamu orang jawa kok gak bisa ngomong Jawa, piye tooh!". Ibuku ngomong jawa kalo lagi marahin aku atau pakai bahasa campur-campur "Iki bocah yen dikandani kok ngeyel, mangsuli, nurut sama ibu!", Jadi aku ngerti sedikit-sedikit.  

Banjir...Banjir...Masa kecilku diwarnai dengan banjir. Iyaa Banjir yang setiap tahun selalu mampir ke rumah ibuku di Slipi. Kadang gak hujan aja banjir, yang biasa dibilang banjir kiriman dari Bogor. Karena aku masih kecil tugas aku mengawasi banjir. Kalo sudah musim banjir, ibu menyumbat got-got tempat masuknya air dari luar dengan gombalan-gombalan kain dan sambil tetap menjahit ibu setiap kali tanya ke aku... Dyan udah masuk belum airnya? ...Aku jawab beluuum....
Tidak berapa lama ibu tanya lagi....Udah masuk beluum? Begitu terus sampai kamipun ketiduran dan akhirnya terbangun karena banjirnya sudah sampai atas tempat tidur, hiksss. Dan kamipun ngungsi keatas. Aku sih tenang2 aja, karena kalo sudah banjir, sekolah pasti libur sampai 2 minggu, karena ruang sekolah dibuat pengungsian banjir. Kasihan ibu kalo sudah banjir setengah mati bersihin rumah. Belum lagi mengeringkan foto-foto yang basah terendam banjir. Untung saja rumah kami tingkat, jadi kamipun mengungsi di kamar atas, seluruh rumah lantai satu terendam banjir. 



Waktu kelas 3 SD aku pernah sakit, mungkin karena aku sering main dengan teman-teman, menyelusuri kali, main disekitar pasar, aku jatuh sakit. Aku ingat waktu itu, mungkin karena ibu tidak punya uang untuk naik taksi ke Rumah Sakit Harapan Kita, aku sama ibu naik becak dan memang tidak terlalu jauh jarak rumah ke RS, tetapi tetap harus jalan menyeberang jembatan. Sepertinya aku udah rewel banget lagi demam dan kecapekan karena sakit. Sampainya di rumah sakit, aku diperiksa, terlihat ada bintik-bintik merah, di tangan aku, dan dokter bilang (yang saat itu dokternya masih sepupu ibu, tante Titut namanya, sudah almarhum) "Mbak Titi, Dyan ini kena demam berdarah dan typhus, harus segera masuk rumah sakit, gak bisa tunggu lagi, panasnya sudah sangat tinggi". Aku lupa bagaimana wajah ibu saat itu. Akhirnya aku harus masuk rumah sakit cukup lama, baru kali ini aku kepikiran bagaimana ibu membayar rumah sakit ku waktu itu ya. Kakak-kakakku kalo pas jenguk aku di Rumah Sakit, malah ngeledekin aku, makanya kalo main jangan jorok2, jadi deh sakit typhus, sakit tuh yang keren, jantung liver. Duuuuh amit-amit deh, yang ada langsung ko'it gue sakit yang begituan.

Pernah juga tulang bahuku patah karena main lari2an di sekolah, tapi akhirnya nyambung sendiri, karena ibu telat bawa aku ke dokter. Ibu cuma pijat aku sama mbok pijat. Alhamdulillah tidak ada efeknya sih, cuma waktu di rontgen tulang bahuku agak naik sedikit. Sakit gigi juga sering, kalo udah sakit gigi, aku cuma bisa nangis, terus ibu tempelin aku salonpas di pipi aku, nanti sembuh, terus sakit lagi..tempelin lagi salonpas, sampai pipi aku gosong karena salonpas hehe.

Tapi setelah besar aku lebih mengerti mengapa ibu seperti itu, mungkin ibu tidak punya uang untuk bawa aku ke dokter. Untuk biaya makan sehari-hari, mengurus sekolah dan kuliah kakak aku aja mungkin ibu sudah kebingungan. Bisa jadi ibu harus berhutang untuk membiayai semua kehidupan kami. Aku tidak tahu, karena aku gak pernah dengar dari mulut ibu kalimat "ibu gak punya uang", selama aku hidup bersama ibu. Hanya sesekali aku lihat ibu menangis di kamar, hikks....mungkin ibu kesusahan, tapi aku tidak bisa bantu waktu itu.

Ibuku sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya, bisa dibilang sangat ketat soal ini. Mungkin cuma aku aja anak yang paling bontot yang berasa. Karena dari kecil aku belajar selalu ditemenin ibu. Setiap malam ibu selalu memanggil aku ke kamar untuk di tanya-tanya soal hafalan kali-kalian atau di tanya-tanyain soal pelajaran di sekolah, seperti Quiz.  Belum lagi soal matematika cerdas tangkas, ibu aku doyan sekali marah-marah...karena otak aku di dengkul hihi. Kakak aku cuma bisa ngelewek..ngelewek in...syukur2in hikkss... karena aku SD, kakak aku udah pada SMA. Sedih aku kalo ingat itu... bukannya dibantuin sama kakak2ku malah di bully. Ibu suka sekali pelajaran Sejarah, sedangkah anak-anaknya gak ada yang suka. Paling pusing kalo sudah di ajak ibu belajar Sejarah...duuh...seperti dihukum rasanya. 



Ibuku selalu mempunyai harapan tinggi buat anak-anaknya. Buat aku ibu, selalu menetapkan target yang tinggi. Ibu tidak pernah mau, aku menjadi anak yang biasa-biasa saja. Harus menjadi anak yang pintar dan terbaik,terutama di sekolah. Ibu selalu membangga-banggakan aku, kalo aku bisa masuk SD dibawah umur rata-rata anak SD. Setiap giliran terima raport dari SD sampai SMA aku selalu deg-degan, biasanya 3 juara kelas sudah di tulis di papan tulis sekolah. Aku cuma bisa ngintip dari balik jendela luar sekolah. Namaku keluar jadi juara ketiga atau kedua saja, ibu sudah memberikan muka gak enak atau kecewa, ibu maunya aku juara pertama. Berarti aku harus belajar lebih keras lagi. Tidak heran setiap ujian sekolah aku selalu sakit kadang panas atau radang tenggorokan. Sampai ibu harus antar aku ke dokter, dan dokternya selalu bilang, mau test ya jadi sakit. hihi.

Tetapi usaha ibu tidak sia-sia, aku bisa masuk ke SMA terbaik di Jakarta Barat dan bisa keterima di UGM dengan jalur PMDK atau PBUD (Bibit Unggul Daerah) tanpa test. Ibu selalu bangga, kalo anak ibu pinter. Ibu selalu memotivasi aku kalo aku bisa, kata ibu "Kamu itu bisa, cuma aja kamu suka gak percaya diri dengan kemampuan kamu".

Ibuku seperti separuh jiwaku, aku gak tahu apa yang akan terjadi jika aku kehilangan ibu waktu aku masih sekolah. Teringat waktu Ospek (masa orientasi di UGM), ibu yang mengantar aku cari tempat kos, mendaftar mahasiswa bikin kartu mahasiswa, aku suka di goda2in sama mahasiswa senior disitu...."Mbaah.....cucunya cantik deh...! , terus ibu marah-marah.."Heh..semprul...mbahmu po....iki anakku bukan cucuku...! gak sopan ya!". hihihi syukurin di omelin mbahku...eh ibuku...

Waktu ospek salah satu tugas aku harus cari slongsong ketupat asli untuk dikalungin di leher, padahal waktu itu bukan lebaran, jadi susah banget cari slongsong ketupat, ibu yang anter aku kemana-mana, pagi-pagi cari ketupat keliling naik becak.

Alhamdulillah atas doa ibu, aku bisa lulus cumlaude FE UGM dan bisa langsung bekerja di PT. Astra International. Semua atas perjuangan dan doa ibu. Walaupun dulu tidak punya HP, aku suka ke Wartel, warung telepon, cuma laporan nilai-nilai aku. Kalo bagus ibu bilang Alhamdulillah...belajar yang rajin ya. Tapi kalo nilai aku jelek....ya nggak telepon. Hehehe....Ndelik....😐
Bersambung...Istirahat..

Comments

Popular posts from this blog

Doa Majelis

Kupenuhi PanggilanMu ya Allah

Jodohku-Dibalik Perjuangan Seorang Ibu "Titi Marsutji Binti Iskak" (Part 3)