Sunday, September 14, 2008

Berbuka puasa dengan korma atau air

" Salman bin Amr Adh-Dabiy RA, berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika kalian berbuka puasa, hendaknya berbuka dengan korma. Jika tidak ada, hendaknya berbuka dengan air, karena air itu dapat membersihkan." (HR perawi lima, Ibn Khuzaimah, Ibn Hibban, dan Hakim)

Pelajaran dalam hadits ini:
Air dapat membersihkan pencernaan dari segala macam kotoran
Kita dianjurkan utnuk berbuka dengan korma, jika tidak ada, dengan air. Anas bin Malik RA menceritakan Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa rutob (korma basah) sebelum shalat maghrib. Jika tidak ada rutob, beliau berbuka dengan korma. jika tidak ada korma, beliau minum beberpa teguk (HR Ibn Dawud)

Perhatian dan kasih sayang nabi SAW kepada umatnya sangatlah besar, hingga dalam masalah inipun beliau memberikan perhatiannya.
Penjelasan ttg manfaat korma, menyebutkan diantaranya:(sumber, Manafi'ut Tamr,terbitan Dep kes Mesir)

Korma memiliki kandungan zat gula yang sangat besar, dan sangat dibutuhkan tubuh.
Korma mudah dicerna, sehingga tidak memberatkan alat pencernaan.
Korma mengurangi rasa lapar dengan cepat sehingga mengurangi dorongan untuk makan dalam porsi yang banyak. Dengan begitu pencernaan tidak dibebabani oleh kerja berat.

Memberikan kesiapan pada lambung untuk menerima makanan setealh beberapa lama lambung tidak terisi.

Mencegah penyakit maag yang bisa timbul karena pergantian jadal makan
Alkalinitas yang terkandung pada korma dapat menetralisisr asam kuat pada darah yang seringkali menyebabakan penyakit berbahaya, seperti diabetis, rematik ginjal, darah tinggi dan wasir

Kita harus memilihkan yang terbaik utuk tubuh kita, seperti dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bermafaat bagi tubuh.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.Dept. Dakwah IMSIS

No comments:

Post a Comment