Tuesday, April 22, 2008

Kumpulan Mutiara Hadist (3)

Rasulullah Saw bersabda, "Saat seseorang paling dekatdengan Tuhannya adalah pertengahan malam terakhir.Jika kamu sanggup menjadi orang yang mengingat Allah ta'ala pada saat itu, maka lakukanlah." (HR Abu Dawuddan Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah, ujarnya, Rasulullah Saw bersabda,"Apabila kamu sekalian mendengar iqamah, maka pergilah shalat dan hendaklah kamu tenang dan tentram, jangan kamu tergesa-gesa. Jika kamu dapati (imam telah shalat), maka shalatlah (mengikutinya) ; sedang jika kamu tertinggal, maka sempurnakanlah (rakaat yangtertinggal). " (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Anas, sesungguhnya Nabi Muhammad Saw bersabda,"Luruskanlah barisan-barisan kamu dan hendaklah kamu saling merapat dan sejajarkanlah bahu-bahu kamu." (HRAbu Dawud)

Rasulullah Saw bersabda, "Bersihkanlah tubuh kalian,niscaya Allah akan membersihkan kalian (dari dosa-dosakalian), karena sesungguhnya tiada seorang hamba punyang tidur pada malam hari dalam keadaan bersuci,melainkan ia selalu ditemani oleh seorang malaikatyang ada pada baju dalamnya. Tidak sekali-kali ia membalikkan badannya pada saat tidur, melainkan malaikat tersebut berdoa, 'Ya Allah, ampunnilah hamba-Mu ini. Sesungguhnya ia tidur dalam keadaan bersuci." (HR Thabrani, dari Ibnu Umar)

Dari Abu Umamah, ujarnya, Rasulullah Saw. ditanyaorang, "Kapankah doa paling didengar (oleh Allah)?."Sabdanya, "Pada pertengahan akhir malam dan (sesaat)sesudah selesai shalat-shalat wajib." (HR Tirmidzi)

Rasulullah Saw bersabda, "Saat paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya yaitu ketika dia sujud. Karena itu, perbanyaklah doa (saat itu)." (HR Muslim)

Dari Jabir r.a berkata, " Rasulullah Saw bersabda, "Setiap perbuatan baik itu adalah shadakah." (Riwayat Bukhari)

Dari Anas r.a berkata, Rasulullah Saw bersabda,"Barangsiapa yang keluar dengan tujuan untuk menuntut ilmu maka ia berada di jalan Allah sehingga ia kembali." (Riwayat At Turmudzi)Dari Abu Musa al-'Asy'ari r.a, katanya, Nabi Muhammad Saw berkata, "Setiap orang Islam berkewajiban untuk bersedekah." Para sabahat bertanya."Kalau tidak ada apa-apa ?" Rasul menjawab, "Ia berusaha dengan kedua tangannya, lalu ia mendapat manfaat bagi dirinya dania bersedekah." Mereka bertanya, "Kalau ia tidak sanggup, atau tidak melakukannya ?" Rasul menjawab,"Ia membantu orang yang menderita dan memerlukan bantuan." Mereka bertanya, "Kalau tidak dilakukannya?" Rasul menjawab, "Ia menyuruh melakukan kebaikan."Mereka bertanya, "Kalau ia tidak melakukannya ?"Beliau menjawab, "Ia menahan diri untuk tidak melakukan kejahatan. Itu berarti sedekah baginya."(Riwayat Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke sorga." (Riwayat Muslim)

Dari Anas r.a berkata, saya mendengar Rasulullah Sawbersabda, "Allah ta'ala berfirman : "Wahai anak Adam,selama kamu berdo'a dan mengharap kepadaKu niscaya Aku ampuni dosa yang telah kamu lakukan dan Aku tidak memperdulikan berapa banyaknya. Wahai anak Adam,seandainya dosa-dosamu bagaikan awan di langit kemudian kamu minta ampun kepadaKu, niscaya Aku mengampunimu, dan Aku tidak mempedulikan berapa banyak dosamu. Wahai anak Adam seandainya kamu datang kehadapanKu dengan membawa dosa seisi bumi kemudian bertemu dengan Aku tanpa menyekutukan sesuatu apa pundenganKu, niscaya Aku mengampuni dosa yang seisi bumi itu." (Riwayat At Turmudzy)

(dikutip oleh Shelly)

No comments:

Post a Comment