Friday, May 23, 2008

Sholat Jumat bagi wanita

Pertanyaan:
Ass wr wb Ustadz
Langsung saja,Saya pernah melihat wanita yg melakukan sholat jumat (sholat 2 rakaat diwaktu zuhur pada hari jumat) sendiri dirumahApa yang menjadi dasar ukhti tsb melakukannya, Jika ada hadits yang menyatakan demikian diatas mohon saya diberitahu disertai tingkatan hadits nya. Dan bagaimana seharusnya seorang wanita sholat pada saat kaum pria sholat jumatJazakallah khoiron katsiro
Wassalam
Keiwally


Jawaban:Assalamu alaikum wr.wb. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Pada dasarnya shalat jumat tidak wajib bagi wanita. Namun demikian, kalau kaum wanita melakukannya hal itu boleh dan dianggap benar tanpa harus melakukan shalat zhuhur. Namun, mana yang lebih utama bagi mereka, pergi ke masjid untuk melakukan shalat jumat atau tetap di rumah untuk melakukan shalat zhuhur?

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa lebih baik bagi kaum wanita untuk tetap tinggal di rumah dengan melaksanakan shalat zuhur. Sebab, Nabi saw. Pernah bersabda, "Rumah-rumah mereka adalah lebih baik bagi mereka."

Selanjutnya menurut madzhab Syafii, kalau wanita tersebut memiliki daya tarik, kedatangannya ke masjid adalah makruh, sementara jika tidak memiliki daya tarik tidak makruh. Adapun wanita tua bagi mereka dianjurkan untuk datang ke masjid.

Dalam hal ini, menurut Prof. Abdul Karim Zaidan para wanita baru diperbolehkan dan dianjurkan untuk shalat jumat dengan syarat telah mendapatkan izin suami atau walinya, tidak menimbulkan fitnah, tidak mempergunakan parfum, dan tidak berhias. Kalau mereka bisa memenuhi kelima syarat tersebut, mereka dianjurkan untuk ke masjid karena shalat jumat dikerjakan satu kali dalam seminggu di mana di dalamnya ada khutbah yang sangat berguna bagi mereka selain juga menjadi sarana untuk berkenalan dengan para wanita muslimah lainnya.

Lalu, ketika melakukan shalat jumat barisan kaum wanita berada di belakang laki-laki, tidak mengangkat kepala sebelum kaum lelaki mengangkat kepala, dan harus segera pulang sebelum kaum lelaki.

Wallahu a'lam bish-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb

Sumber http://www.syariahonline.com/

No comments:

Post a Comment